TP PKK Provinsi Bali Gelar Pasar Rakyat ‘Terima Kasih’

TP PKK Provinsi Bali Gelar Pasar Rakyat ‘Terima Kasih’

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster kembali menyapa masyarakat kabupaten/kota dengan Pasar Rakyat. Mengawali program tersebut, perhelatan pertama pasar rakyat pun diadakan di Kabupaten Jembrana, tepatnya di Terminal Penumpang Negara, Kaliakah, Jembrana, pada Rabu (12/1)2022.

Dalam kesempatan tersebut, seniman multitalenta ini pun mengatakan bahwa tema Pasar Rakyat yang digelar pada pagi itu adalah ‘Terima Kasih’. “Kami pengurus TP PKK ‘Terima’ barang-barang dari para pedagang, setelah itu akan kami ‘Kasih’ kepada masyarakat sebagai bentuk berbagi,” jelasnya pada kesempatan yang turut juga dihadiri oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna, jajaran Forkopimda Jembrana serta Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Bali.

Mengenai gerakan ‘Terima Kasih’ tersebut, lebih jauh ia pun mengatakan jika TP PKK mengajak pengurus TP PKK Kabupaten/Kota se-Bali, instansi vertical dan horizontal, pengusaha serta masyarakat yang mampu untuk datang ke Pasar Rakyat serta berbelanja di para pedagang serta pelaku IKM/UMKM yang turut serta berjualan di sana.

“Kami mengajak teman-teman di sini untuk guyub, sinergitas membantu dengan cara menyisihkan uang dan berbelanja baik untuk keperluan pribadi mapun dibagi bagi masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya seraya menyebut jika pada pagi itu pun TP PKK menghadirkan warga yang membutuhkan untuk menerima bantuan. Ini juga merupakan bentuk kekompakan seluruh tim penggerak PKK se-Bali. “Karena tiap kita hadir di masing-masing kota, kita juga bantu 100 keluarga. Meskipun tidak banyak, tapi ada ajang saling membantu dan memberi,” imbuhnya

Pendamping orang nomor satu di Bali itu pun mengatakan gerakan-gerakan seperti ini sangat diperlukan di masa pandemi seperti saat ini. Karena dalam sekali aksi, maka bisa mencapai dua sasaran sekaligus, yaitu membantu pergerakan ekonomi para pedagang, IKM/UKM serta membantu masyarakat yang membutuhkan melalui belanjaan yang dibeli.

“Selain itu, kegiatan kali ini bertujuan juga untuk menyapa masyarakat serta memastikan langsung kondisi masyarakat. Ini bukan masalah seberapa besar uang yang kita habiskan di sini, namun sebagai pejabat mampukah kita turun langsung ke masyarakat dan menunjukkan kepedulian?” imbuhnya.

Ke depan, Ny. Putri Koster mengatakan akan mengintensifkan kegiatan berbagi seperti ini jika pandemi Covid-19 sudah melandai, sehingga bantuan-bantuan kepada semua komponen masyarakat bisa disalurkan dengan tepat dan cepat. Untuk itu ia pun mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan serta selalu taat pada protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19, agar pandemi ini segera berakhir dan kegiatan bisa normal kembali.

“Apalagi Bali dipercaya sebagai tuan rumah G-20, jadi mari kita jaga wajah Bali dengan taat pada prokes, sehingga perhelatan internasional tersebut berjalan dengan lancar,” tutupnya.

Sebelumnya Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Ny. Gst. Ayu Kt. Candrawati Tamba menyampaikan sambutan selamat datang sekaligus terima kasih kepada Ketua TP PKK Provinsi Bali atas terlaksananya program Pasar Rakyat tersebut. Menurutnya gerakan seperti ini merupakan wujud kepedulian dan gotong-royong dalam bentuk belanja dan berbagi.

Ia pun mengatakan kegiatan seperti pasar rakyat, bagian dari ruang untuk mempersiapkan diri bagi petani dan UMKM Jembrana. Petani maupun UMKM Jembrana agar bersiap menyongsong tahun emas Jembrana pada 2026 dengan produksi maupun produk-produk yang dihasilkan nanti mampu bersaing

Selain berbelanja, kegiatan Pasar rakyat di Terminal Negara ini juga diisi dengan pemberian bantuan bagi 100 keluarga dari lima kecamatan di Jembrana. Kriterianya adalah mereka tergolong kurang mampu dan terdampak pandemi Covid-19. Sedangkan stand pasar, berasal dari unsur PKK 5 kecamatan, kelompok tenun, pakis, serta kelompok gabungan dari UMKM kuliner. Selain itu, pengunjung juga dapat berbelanja berbagai produk kuliner olahan UKM Jembrana, juga disediakan hasil hasil bumi petani Jembrana dengan harga terjangkau. (BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us