Turis Belum Stabil, Begini Nasib Pengelola Artshop di DTW Tanah Lot

Turis Belum Stabil, Begini Nasib Pengelola Artshop di DTW Tanah Lot

Kunjungan wisatawan ke Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot didominasi oleh wisatawan domestik. Jumlahnya pun tak semanis sebelum pandemi Covid-19. Hal itu, membuat para pengelola art shop di objek wisata mengandalkan sunset dan keindahan pura di tengah laut itu harus memutar otak. “Belum stabilnya kunjungan ke Tanah Lot berdampak pula pada pedagang art shop. Pedagang yang menggunakan tenaga kerja banyak, belum berani buka,” kata Kepala Divisi Pasar, I Made Adi Susila, Rabu (19/1).

Art shop atau pedagang souvenir besar yang dalam pengelolannya melibatkan pegawai banyak belum beroperasi. Jika buka, namun kunjungan tidak seramai dulu, maka mereka merasa kesulitan mendapatkan dana untuk gaji para karyawan. “Sekarang ini, yang beroperasi hanya pedagang makaman dan minuman. Ada pula pedagang baju dan souvenir yang tidak memerlukan karyawan. Makanya, yang jualan itu pemiliknya sendiri,” ungkap pria kalem ini.

Selama pandemi, DTW Tanah Lot sempat buka tutup mengikuti instruksi pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Namun, pengelola art shop lebih banyak masih menutup dagangnnya, karena situap dan aturan yang sewaktui-waktu berubah. Pada saat libur Natal dan Tahun Baru, kunjungan ke Tanah Lot muali mengalir, sehingga sekitar 10 – 15 persen dari total 654 art shop yang ada buka. “Hal itu berlanjut, hingga kini art shop yang buka ada 40 – 45 persen yang sudah menyapa para pelanggannya,” ucapnya.

Adi Susila mengatakan, selama tidak buka itu, pengelola art shop kembali pada pekerjaan lamanya yaitu menjadi petani bulung. Belakangan ini, laut Tanah Lot kembali ditumbuhi bulung, sehingga itu menjadi berkah bagi para pedagang yang kembali menjadi penati rumput laut. “Setelah 5 tahun, bulung digi dan bulung jaja kembali tumbuh. Hal itu, laut Tanah Lot sudah tak tercemar lagi. Bulung ini pun memiliki kualitas bagus,” sebutnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us