Ubud Zona Hijau, Monkey Forest Perketat Prokes

Ubud  Zona Hijau, Monkey Forest Perketat Prokes

Ubud, Sanur, dan Nusa Dua merupakan tiga zona hijau yang dipersiapkan pemerintah pusat untuk dibuka penuh bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Ketiga tempat wisata itu akan menjadi percontohan kawasan wisata yang aman bagi wisatawan, dan diharapkan mampu membangkitkan sektor pariwisata di Pulau Dewata. “Kami sangat mendukung kebijakan Bapak Presiden yang menjadikan Ubud, Sanur dan Nusa Dua sebagai kawasan zona hijau. Kami sudah melakukan langkah-langkah tersebut, seperti penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat,” kata General Manager, Nyoman Sutarjana, Rabu (17/3).

Daya Tarik Wisata (DTW) yang terletak di Desa Padangtegal, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar ini memang menjadi pilihan bagi wisatawan, walau itu dimasa pandemi Covid-19, sehingga wajib menerapkan prokes untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengunjung. Selain itu, penerapan prokes juga sebagai uapaya untuk turut mencegah penularan Covid-19. “Setelah pemerintah Provinsi Bali menerapkan tatanan kehidupan era baru (New Normal), maka Monkey Forest Ubud dibuka kembali pada 5 November 2020 dengan menjalankan prokes sesuai standar pemerintah,” tegasnya.

Membuka kembali Monkey Forest Ubud sebagai upaya memperbaiki tatanan kehidupan komunitas yang ada, terutama sejumlah hewan yang harus mendapat perhatian, seperti tetap mendapatkan makanan serta kesehatan. “Pengunjung dan staff serta karyawan wajib mengikuti langkah-langkah upaya menekan penyebaran Covid-19. Setiap orang yang masuk objek, mulai dari pegawai dan staaf, pengunjung, ataupun partner kerja, wajib melakukan chek suhu, mencuci tangan, dan memakai masker, sehingga obyek wisata ini tidak menjadi kluster baru bagi penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Tempat mencuci tangan disiapkan di seluruh areal objek, dan memasang tanda antre untuk mengatur jarak antre sebagai upaya dari penerapan social distanching. Termo gun disiapkan di 4 lokasi, seperti di portal, masuk kawasan parkir, pintu masuk lobby dan di pos security dan ada satu cadangan di klinik. “Kami melakukan pembersihan areal dengan disinfectant secara rutin. Penerapan prokes ini sebagai cara untuk meyakinkan para calon pengunjung, bahwa objek ini aman,” harap Sutarjana.

Selain menyiapkan fasilitas, pihak manajeman juga memberikan himbauan lewat perngeras suara. Jika ada tamu yang nggak tidak patuh prokes, mereka tidak boleh masuk DTW. Kalau ada tamu yang tidak memakai masker, mereka disuruh membeli di counter dulu baru bisa masuk objek. “Dengan ditetapkannya Ubud, Sanur dan Nusa Dua sebagai kawasan wisata hijau, semoga wisatawan kembali memilih Ubud dan Monkey Forest sebagai tujuan wisata,” harapnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us