Verifikasi Lapangan Penghargaan APE 2021

Verifikasi Lapangan Penghargaan APE 2021

Wakil Bupati (Wabup) Tabanan I Made Edi Wirawan, mengikuti Webinar verifikasi lapangan Pengarus Utamaan Gender (PUG) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, secara virtual, Kamis (18/3). Verifikasi tersebut dalam rangka pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021. APE merupakan pengakuan atas komitmen dan peran pada pimpinan kementerian atau lembaga dan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG.

Wabup Edi yang saat itu didampingi oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, mengikuti webinar tersebut melalui aplikasi zoom meeting dari ruang kerjanya di Kantor Bupati setempat. Atas nama Pemerintah Kabupaten Tabanan, Wabup Edi memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim APE karena telah melaksanakan tugas dengan penuh kesungguhan dan dedikasi. “Atas asung kerta nugraha/puji pangastuti Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa, acara verifikasi lapangan APE 2021 dapat dilaksanakan dengan baik dan sukses,” ucapnya.

Pemkab Tabanan tahun ini telah mengikuti evaluasi APE untuk kedua kalinya. Evaluasi pertama pada tahun 2018 telah memperoleh peringkat tingkat madya. Ia berharap, kali ini Pemkab Tabanan mampu memperoleh tingkat yang lebih tinggi sesuai kerja keras, kerja cerdas jajaran di Pemerintah Kabupaten Tabanan. “Tujuan mengikuti verifikasi ini bukanlah sekedar mendapatkan sertifikat, tetapi jauh lebih penting, yakni sebagai apresiasi kepada Pemerintah yang telah berhasil melaksanakan pembangunan pemberdayaan perempuan dan juga sebagai bentuk pengakuan terhadap komitmen dan peran para pimpinan daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG,” imbuhnya.

Ada 7 persyaratan inti dan 24 indikator dalam verifikasi evaluasi APE ini yang harus dipenuhi, diantaranya komitmen, tindakan, kelembagaan, sumber daya, data dan sistem informasi, metoda, peran serta masyarakat dan jejaring. “Terkait dengan hal tersebut, Pemkab Tabanan berharap prasyarat utama dan indikator-indikator evaluasi APE tersebut dapat dievaluasi dan dapat menjadi acuan dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender yang terintegritas dan berkelanjutan dalam rangka pencapaian visi Kabupaten Tabanan, yaitu Nangun Sat Kerti Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era baru yang Unggul, Aman dan Madani (AUM),” ungkap Wabup Edi. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us