VOA Dibuka Kembali, Jadikan Bali Karantina Wilayah

VOA Dibuka Kembali, Jadikan Bali Karantina Wilayah

Mengalirnya kunjungan wisatawan domestik saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) memberikan arti bagi pelaku pariwisata di Bali. Adanya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan itu, bagai sebuah asupan vitamin yang dapat menambah semangat para pelaku pariwisata dalam mengelola usahanya. “Suasana kunjungan seperti ini adalah langkah awal untuk bangkitnya pariwisata Bali. Jujur, suasana ini memberikan angin segar buat insan pariwisata yang ada di Bali,” kata General Manager Purana Suite Ubud dan Purana Boutique Resort, I Ketut Warasana, Jumat (14/1).

Sayangnya, situasi seperti itu berlangsung hanya beberapa hari, sehingga setelah tanggal 2 Januari 2022 bookingan kembali mengalami penurunan. Sejak saat itu, suasana bookingan kamar terlihat slow kembali. Maklum, suasana hari raya sudah semakin menipis. Di samping itu, adanya beberapa isu, seperti pembatasan dan karantina yang belum pasti juga menjadi alasan minimnya minat calon wisatawan melakukan perjalanan wisata ke Bali. “Saya berharap dibukanya VOA ( Visa on Arrival) kembali, dan karantina wilayah untuk Bali,” ujar salah satu pengurus Ubud Hotel Association (UHA) ini.

Berbarengan dengan itu, pemerintah mesti memperketat pengawasan di tempat-tempat keramaian untuk menjaga situasi yang sudah stabil ini. Kunjungan boleh meningkat, tetapi kasus tidak boleh ada peningkatan, sehingga semua lapisan tetap disiplin melaksanakana protokol kesehatan. Melandainya kasus menjelang tahun baru, sebagai bukti kalau Bali aman sebagai tempat untuk menghabiskan masa libur. “Peningkatan kunjugan di Purana baru mulai terlihat dari 22 Desember – 2 Januari. Peningkatan terjadi karena adanya hari raya Nataru,” imbuh Warasana.

Wisatawan yang tinggal di Purana Suite Ubud dan Purana Boutique Resort sekitar 80 % merupakan domestik guest dan masyarakat local. Maka itu, hunian kamar yang sebelumnya hanya berada diangka 5 % kemudian terjadi peningkatan hingga 10%. “Kami tidak menggelar kegiatan khusus menyambut tahun baru, itu karena adanya pembatasan waktu. Kami hanya membuat acara kecil dinner dengan meyuguhkan tarian Bali dan diakhiri dengan countdown di pukul 22.00 Wita sesuai dengan intruksi pemerintah. Kami bersama tamu berdoa sambal melepas lampion,” ucarnya.

Terkait dengan himbauan pemerintah, pihaknya tetap menjalankan dan menerapkan di hotel dengan sebaik-baiknya. Himbauan itu juga diinformasikan kepada setiap tamu, sehingga mereka mengerti dan untuk memahami situasi dan kondisi yang ada. “Untuk tahun 2022, kami belum ada perencanaan penambahan fasilitas. Kami hanya berbenah untuk bisa memberikan yang terbaik bagi tamu-tamu kedepannya, dengan harapan merasa puas tinggal di Purana,” ungkapnya.

Khusus menjelang Imlek, Purana Suite Ubud dan Purana Boutique Resort tengah mempersiapkan paket menarik. Menyambut hari raya umat Khonghucu ini ada paket Imlek promo. Begitu pula saat menyambut Hari Raya Nyepi akan menyiapkan paket-paket Nyepi yang menarik bagi para wisatawan. “Semoga tahun 2022 ini pariwisata Bali kembali bergeliat dan diperbolehkannya tamu internasional direct flight dan karantinanya di Bali,” harap pri ini serius. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us