Wabup Patriana Krisna Panen Tanaman Pekarangan

Wabup Patriana Krisna Panen Tanaman Pekarangan

Kelompok Wanita Tani (KWT) Prima Sari dusun Moding desa Candikusuma, Melaya melaksanakan panen bersama kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L), Selasa(21/12). Wakil Bupati (Wabup) I Gede Ngurah Patriana Krisna didampingi Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Sutama, anggota DPRD Dapil Kecamatan Melaya serta beberapa pimpinan OPD, ikut bersama-sama melakukan panen terhadap beraneka jenis komoditi tanaman pekaranan. Diantaranya kacang panjang, kangung termasuk cabe dan mentimun.

Ketua KWT, Dewa Ayu Padmi mengaku, kalau kegiatan panen bersama sayur-mayur ini dimaksudkan sebagai upaya untuk memberikan motivasi kepada marga masyarakat lainnya. Pasalnya, jika cara dan methode ini bisa dilakukan oleh warga masyarakat lainnya dipastikan akan dapat memberikan tambahan penghasilan yang tidak kecil dalam keluarga. ”Ini sebagai media motivasi bagi kami disini. Kiranya usaha dan kegiatan kami bersama anggota tidak sia-sia. Maka itu, jika ibu-ibu yang lain dapat melakukan kegiatan ini di setiap keluarga tentunya akan dapat menambah penghasilan keluarga,” ujarnya.

Selain kegiatan berupa memberdayakan tanaman kebutuhan sehari-hari, KWT yang dirintisnya sejak tahun 2007, juga memproduksi minyak VCO termasuk usaha simpan pinjam kepada anggota. ”Sampai saat ini, kami bersama anggota menekuni usaha lainnya seperti minyak VCO dan simpan pinjam(SP). Produksi dari usaha pemuatan minnyak VCO itu kami pasarkan dibeberapa kabupaten di Bali,” tegasnya.

Wabup Patriana Krisna mengaku, apresiasi kepada KWT desa Candikusuma ini. ”Tentu usaha yang digeluti para anggota KWT ini sangat memberikan kontribusi terhadap perekonomian keluarga. Usaha seperti pemberdayaan tanaman pekarangan dengan pola Demplot seperti ini kami sangat apresiasi. Disini (Demplot) berbagai tanaman untuk keperluan sehari-hari dapat menghasilkan pendapatan secara ekonomi. Ini patut ditularkan kepada masyarakat yang lainnya,” ujarnya.

Terkait dengan usaha industri rumah tangga, agar terus ditingkatkan baik dari kwalitas juga kwantitasnya.”Kami dorong penuh aktivitan kelompok ini. Usaha yang selama ini khususnya industri rumah tangga berupa produksi minyak VCO agar terus ditingkatkan baik secara kwalitas juga kwantitasnya. Dengan demikian, tentunya pangsa pasar akan semakin lebar serta pendapatan akan semakin meningkat,”pungkas Wabup Patriana Krisna. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us