“World Drowning Prevention Day” di Pantai Desa Sangsit Buleleng

“World Drowning Prevention Day” di Pantai Desa Sangsit Buleleng

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bidang Pemasaran, Agus Widya Suputra, SE., MAP. menghadiri kegiatan Simulasi Rescue Perayaan Hari Pencegahan Tenggelam Dunia atau World Drowning Prevention Day bertempat di Pantai Desa Sangsit, Minggu (31/7). Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang tata cara penyelamatan terhadap korban tenggelam di perairan pantai utara Bali.

Ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Sangsit sekaligus sebagai ketua pelaksana kegiatan, Agus Dharma, mengatakan, kegiatan ini sangat penting dilakukan mengingat angka kematian akibat tenggelam terbilang cukup tinggi khususnya di Buleleng. “Hari peringatan ini juga sebagai bentuk apresiasi atas peran aktif dan kesiapsiagaan dari Lifeguard, BPBD dan lintas sektoral lainnya dalam penanggulangan bencana kematian akibat tenggelam ini,” ungkapnya.

Kabid Agus Widya d menyampaikan, Kabupaten Buleleng memiliki garis pantai terpanjang di pulau Bali, sehingga potensi pariwisata di bidang kemaritiman sangat besar. “Hal tersebut juga mengakibatkan tingkat probabilitas wisatawan mengalami kecelakaan di pesisir pantai juga besar sehingga Balawista sepanjang pantai utara memiliki peran sangat penting sebagai tindakan preventif dalam upaya penyelamatan korban tenggelam.” Paparnya.

Kegiatan hari ini merupakan implementasi dari Pelatihan Balawista yang digelar Dinas Pariwisata tiap tahunnya sehingga dapat memberikan sosialisasi dan edukasi tata cara penyelamatan korban tenggelam kepada masyarakat lebih luas. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us