Wujudkan “Hatinya PKK” dengan Hati

Wujudkan “Hatinya PKK” dengan Hati

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Anatari Jaya Negara ajak ibu-ibu rumah tangga mewujudkan Hatinya PKK dengan hati. Karena berbicara tentang Hatinya PKK tidak terlepas dari pemanfaatan lahan pekarangan rumah yang ada. “Apabila lahan pekarangan rumah yang dimiliki dapat manfaatkan tentu akan terlihat asri, sehingga akan tercipta kenyamanan yang memiliki rumah,” ucap Ny. Antari Jaya Negara saat melakukan evaluasi Hatinya PKK di Desa Sanur Kauh, Kecamatan Densel dan Desa Kesiman Petilan Kecamatan Dentim, Rabu (24/11).

Selain menciptakan kenyamanan dan asri, pemanfaatan lahan pekarangan (Hatinya) PKK akan menjadi salah satu sumber pendapatan dan peningkatan ekonomi keluarga. Oleh sebab itu Antari Jaya Negara mengharapkan ibu-ibu kader PKK dapat mewujudkan Hatinya PKK di masing-masing rumah tangga. “Saya mengharapkan semua ibu-ibu rumah tangga dapat terus mengimbaskan pembentukan Hatinya PKK di masing-masing rumah tangga,” harapnya.

Meskipun tidak ada evaluasi Hatinya PKK, ia berharap ibu-ibu rumah tangga tetap semangat mewujudkan hatinya PKK. “Pada saat sekarang yang mengharuskan kita untuk banyak di rumah saja, tentu banyak waktu yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya, dengan menata halaman bersama keluarga,” imbuhnya.

Ke depan, ia berharap setiap halaman rumah di Denpasar bisa benar-benar asri dan hijau oleh tanaman sayur, bumbu dan obat. Bukan hanya sekadar persiapan untuk lomba ataupun acara tertentu saja. “Jadi, sudah tidak ada lagi rumah contoh untuk Aku Hatinya PKK, namun semua rumah sudah menjadi Aku Hatinya PKK,” tandasnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, I Wayan Lodra mengatakan, evaluasi Hatinya PKK ini sengaja dilaksanakan agar seluruh masyarakat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam berbagai bahan kebutuhan sehari-hari.
Dengan demikian masyarakat dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga. Bahkan dapat menambah perekonomian masyarakat, karena tanaman yang dihasilkan di rumah bisa dijual.

Tidak hanya itu kegiatan yang juga sebagai tindak lanjut dan sikronisasi program PKK Provinsi ini juga bisa menekan terjadinya kenaikan bahan kebutuhan rumah tangga. “Jika semua keluarga menanam berbagai bahan kebutuhan otomatis mereka tidak membeli sehingga tidak ada kenaikan harga di pasar terkait dengan bahan kebutuhan pokok seperti cabe, bawang, sayur dan lain sebagainya,” ungkap Nyoman Lodra.

Perbekel Desa Sanur Kauh Made Ada mengatakan pemanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam berbagai tanaman. Hal itu dilakukan untuk menyalurkan hobi dan memenuhi kebutuhan hidup. Sehingga ketika memasak ia tidak perlu membeli karena bisa langsung memetik di pekarangan rumahnya. Ia juga mengaku selain untuk kebutuhan sehari-hari ia juga dapat menambah pendapatan keluarga karena beberapa sayur dijualnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us