www.baliprov.go.id, Raih Tiga Anugrah Terbaik Media Humas 2021

www.baliprov.go.id, Raih Tiga Anugrah Terbaik Media Humas 2021

Website Pemerintah Provinsi Bali dengan alamat www.baliprov.go.id berhasil meraih Predikat Terbaik Tiga untuk kategori Pemerintah Daerah Provinsi di ajang Anugrah Media Humas (AMH) Tahun 2021. Penghargaan tersebut diberikan pada malam AMH 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan secara langsung diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali Gede Pramana, di Hotel Merusaka Nusa Dua, Bali, Kamis (04/11), yang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate saat menyampaikan sambutan secara daring mengatakan bahwa Anugerah itu merupakan bentuk apresiasi atas hasil kerja humas pemerintah, terutama dalam penanganan isu COVID-19, dan dalam rangka menciptakan semangat berkompetisi untuk meningkatkan kualitas komunikasi publik pemerintah.

“Ajang Anugerah Media Humas tahun 2021 ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk berkompetisi secara positif di antara insan humas sekalian,” kata Menkominfo Johnny.

Dia mengatakan pandemi COVID-19 telah memberikan banyak tantangan sekaligus pelajaran, termasuk bagi kerja komunikasi publik dan humas pemerintah sebagai orkestrator komunikasi publik penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Menurutnya, Kementerian Kominfo menyadari bahwa berbagai capaian komunikasi publik tidak terlepas dari kerjasama pentahelix yang dibangun selama ini, termasuk dengan media kehumasan pemerintah.

“Oleh karenanya saya ingin menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para insan humas pemerintah, baik dari kementerian dan lembaga pemerintah daerah, BUMN, BUMD hingga perguruan tinggi di seluruh Indonesia,” kata Menteri Johnny.

“Terus semangat untuk para nominator dan insan humas pemerintah dalam menciptakan karya-karya kreatif pranata humas. Mari terus memanfaatkan kemajuan teknologi digital dalam praktek kehumasan menuju Indonesia makin digital, makin maju,” ujarnya

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster yang diwakili oleh Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Putu Sunarta, dalam sambutannya menyampaikan sangat mendukung kegiatan Anugerah Media Humas (AMH) 2021 yang mengambil tema “Peran Humas Pemerintah Mewujudkan Indonesia Pulih, Indonesia Maju”, sebuah kegiatan yang memberikan apresiasi atas hasil kerja humas pemerintah terkait program penanganan isu Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sekaligus menciptakan semangat berkompetisi demi peningkatan kualitas komunikasi publik pemerintah sesuai amanat Intruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik.

Putu Sunarta juga menyampaikan, bahwa tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi khususnya internet, selain membawa manfaat positif, juga datang dengan membawa sejumlah permasalahan. Maraknya berita bohong, hoax, ujaran kebencian sampai kepada penipuan, merupakan ekses negatif dari perkembangan teknologi, yang mau tidak mau harus kita temui dan harus kita hadapi bersama- sama.

Tentunya teknik dan cara-cara penyampaian informasi Pemerintah kepada publik sebagai bentuk komunikasi publik juga perlu diubah agar mengadopsi perkembangan teknologi digital tersebut. Masyarakat yang sangat haus dengan informasi perlu diberikan informasi yang cepat, mudah didapatkan, mudah dicerna dan tentunya tetap memastikan kualitas dari informasi. Gaya berkomunikasi yang digunakan haruslah disesuaikan dengan kecenderungan gaya dari audien. Dengan demikian publik tentunya akan yakin dan mau menjadikan sumber-sumber informasi dari Pemerintah sebagai bahan rujukan terpercaya.

Selain itu, insan humas khususnya humas pemerintah mempunyai kewajiban untuk mengamati dan mempelajari keinginan-keinginan, dan aspirasi yang terdapat dalam masyarakat, memberikan nasihat atau sumbang saran dalam menanggapi apa yang sebaiknya dapat dilakukan oleh lembaga pemerintah terhadap yang dikehendaki oleh masyarakat, dan kemampuan untuk mengusahakan terciptanya hubungan memuaskan antara publik dengan para pejabat pemerintahan, serta memberikan penerangan dan informasi tentang apa yang telah diupayakan oleh instansi pemerintahan.

Hal tersebut tentunya harus didukung dengan infrastruktur internet yang baik sehingga memberikan peluang akses yang sama ke seluruh masyarakat. Pemerintah Provinsi Bali telah mencanangkan program Bali Smart Island yang mengedepankan penggunaan teknologi informasi untuk membantu melakukan manajemen dan memberi dukungan berbagai sektor termasuk perekonomian.

“Untuk mendukung keberhasilan transformasi digital ini, Pemerintah Provinsi Bali telah memasang hotspot internet gratis sebanyak 1.828 titik, ditempatkan di Desa Adat, Obyek Wisata, Puskesmas, SMA/SMK dan SLB, dan jumlah ini akan terus ditambah, di seluruh wilayah Bali”, pungkasnya.

Untuk diketahui, parameter yang diukur dari penilaian Website tersebut adalah Aspek Tampilan, Design, Konten, Teknologi dan Interaktif dengan audiens. Untuk terbaik pertama website Pemerintah Provinsi diraih oleh Pemprov DKI Jakarta, dan terbaik kedua diraih oleh Pemprov Jawa Barat. Sedangkan untuk kategori K/L, BUMN, BUMD, dan PTN Kementerian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Terbaik I) Badan Pusat Statistik (Terbaik II) Institut Teknologi 10 Nopember (Terbaik III) dan Kategori Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kabupaten/Kota Pemerintah Kota Malang (Terbaik I) Pemerintah Kota Surabaya (Terbaik II) Pemerintah Kabupaten Gunungkidul (Terbaik III).(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us